Blog Archive

Wednesday 14 November 2012

N_Adewi's Field Note of PPL


FIELD NOTE
Senin, 3 September 2012
Tiba di sekolah pukul 06.30 WIB, hari pertama PPL, saya tidak tahu harus kemana karena belum ada penempatan/base camp PPL. Kemudian Bapak Min, tukang kebun di MTsN tersebut menyuruhku untuk masuk ke kantor. Sambil menanti teman-teman dan bapak ibu guru, saya menyapu dan membersihkan ruangan. Pada pukul 07.00 WIB bel berbunyi, kita siap-siap untuk upacara. Sampai pukul 07.30 WIB di lokal utara, saya mengikuti upacara bendera, juga diikuti oleh bapak ibu guru. Pada saat itu kelas VIII F sebagai petugas upacara tetapi ada dari kelas lain yang juga sebagai petugas. Upacara berjalan dengan lancar dan khidmat. Pada moment itu, bapak pemimpin upacara memberi amanah supaya siswa selalu menjaga kebersihan, karena dengan lingkungan yang bersih, belajar terasa nyaman dan beliau memberi evaluasi pada petugas upacara, bahwa upacara sudah cukup baik tapi anggota upacaranya kurang disiplin, misalnya: terlambat, tidak memakai atribut lengkap, dan lain-lain. Siswa yang tidak memakai atribut lengkap dan siswa yang terlambat disuruh membuat barisan sendiri. Hal itu merupakan konsekwensi karena tidak mematuhi peraturan sekolah. Supaya mereka merasa malu karena berada dibarisan yang berbeda, setelah itu mereka masih diberi hukuman oleh Bapak Bimbingan Konseling, yaitu Bapak Arif, misalnya disuruh bersih-bersih atau hukuman lain. Pemberian hukuman itu supaya mereka tidak mengulangi kesalahan lagi.
Pada pukul 07.30 WIB s/d 07.45 WIB, setelah usai mengikuti upacara bendera saya bersiap-siap menuju VIII B untuk mendampingi tadzarus. Tadzarus diadakan rutin setiap pagi sebelum KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dimulai. Saya tiba di kelas dan saya mengawali dengan salam, para siswa sudah mempersiapkan juz ‘ammanya masing-masing kemudian ketua kelas menyiapkan anggotanya lalu do’a dan tadzarus dimulai. Pada saat tadzarus, beberapa siswa tidak fokus pada tadzarus-nya karena mereka sudah hafal. Setelah selesai membaca dua surat, saya mengakhiri kegiatan dengan salam. MTsN Bekonang adalah sekolah berbasis agama, untuk para siswa dibiasakan untuk membaca al-qur’an sejak kelas VII. Di kelas VII siswa wajib mengikuti ekstrakurikuler BTA/ Tahsin supaya siswa dapat membaca al-qur’an. BTA untuk siswa yang belum lancar membaca al-qur’an atau yang masih iqro’ sedangkan tahsin untuk yang sudah lancar membaca al-qur’an. Selain karena tuntutan sekolah, membaca al-qur’an adalah ibadah. Sehingga para siswa diharapkan dapat membaca al-qur’an.
Pada pukul 07.45 WIB s/d 09.00 WIB, setelah usai mendampingi tadzarus, saya berjalan menuju base camp PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) yaitu di Ruang UKS dan BK, ruang tersebut dijadikan base camp anggota PPL. Berada disitu diibaratkan “sambil menyelam minum air”, sambil kita koordinasi antar teman-teman PPL dan menyusun rencana kegiatan di tempat itu, kita juga merawat siswa yang sakit di UKS. Hari itu banyak siswa yang masuk UKS dengan keluhan sakit, kami merawatnya dengan memberi minum dan obat.
Pukul 09.00 WIB s/d 09.15 WIB, Saya piket dikelas-kelas untuk mencatat yang absen pada hari itu. Saya keliling setiap kelas, tiap kelas ada yang tidak masuk dan ada yang nihil. Biasanya, kelas unggulan seperti VIII F selalu nihil, jika tidak nihil mereka ijin dengan menyampaikan sebuah surat, hal itu berbeda dengan kelas VIII A, setiap hari ada saja yang tidak masuk tanpa keterangan (alpa). Setelah itu, saya kembali ke kantor guru untuk menyalin daftar nama tadi di buku absen yang sudah disiapkan dari sekolah. Dengan minta ijin guru piket pada hari itu dan ibu guru piket mengijinkan, kemudian saya bergegas untuk menulisnya.
Pada pukul 09.15 WIB s/d 10.25 WIB, Setelah dari kantor, saya lihat ada guru pamong yaitu Bapak Wahyu Rohmadi. Kemudian saya dan teman-teman menemui beliau untuk konsultasi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). RPP yang saya buat kemarin telah diteliti oleh Bapak Wahyu dan hasilnya sedikit memuaskan. RPP adalah bagian terpenting untuk mengajar, dengan RPP proses mengajar insya Allah akan lancar karena rencana sudah disusun jauh-jauh hari dan dengan dipikir matang-matang.
Setelah kita konsultasi RPP, pukul 10.25 WIB s/d 11.45 WIB, kita menuju kelas VIII F untuk observasi. Disana Bapak Wahyu mengajar kelas dengan baik, siswa-siawanya sangat antusias. Kelas VIII F adalah kelas unggulan. Setelah observasi, kita mengerjakan sholat dhuhur berjamaah di mushola. Bersama-sama kelas VIII dan bapak/ibu guru kita sholat dengan khusu’. Setelah sholat, salah satu siswa memberikan tausyiah, tausyiah tersebut sudah terjadwal, bergiliran dari kelas VIII A-F dan hanya untuk siswa laki-laki.
Pukul 12.15 WIB s/d 13.35 WIB, usai melaksanakan sholat dhuhur, kita menuju base camp kita di UKS, disitu kita koordinasi antar teman PPL.

Selasa, 4 Sept 2012
Tiba di sekolah pukul 06.55 WIB, sebelum masuk kelas untuk mendampingi tadzarus saya piket di UKS, membersihkan ruangan. Pukul 07.00 WIB, bel berbunyi saatnya tadzarus, saya menuju kelas VIII A, suasana di kelas agak ramai, walaupun ramai tetapi mereka sambil membaca. Usai tadzarus, saya menyuruh siswa yang piket pada hari itu untuk menyapu dan menghapus tulisan di papan tulis karena saya melihat banyak sampah yang berserakan di ruangan tersebut dan masih ada tulisan di papan tulis.
Usai mendampingi tadzarus pukul 07.16 WIB, saya menuju base camp kami yaitu diruang  UKS. Di ruang tersebut, kita koordinasi dengan teman-teman PPL dan menjadi petugas di UKS sampai pukul 12.00 WIB.
Sholat dhuhur dilakukan pada pukul 12.00 WIB di mushola. Kita sholat berjamaah dengan khusu’. Usai sholat berjamaah kita mendengarkan ceramah dari salah satu siswa putra yang bertugas. Yang menjadi petugas ceramah yaitu bergiliran dari kelas VIII A-VIII F. dari ceramah yang disampaikan, saya kurang begitu paham tentang apa yang disampaikan karena suara dari penceramah tersebut kurang nyaring. Tetapi saya salut dengan siswa-siswa MTs N Bekonang, masih usia SMP sudah dilatih menjadi penceramah. Awalnya ada kegiatan tersebut saya kaget, dalam hati saya berkata: “ini sedang apa ya?”. Saya sambil berfikir dan tidak langsung bertanya pada ibu guru yang ada disamping saya, ternyata sedang ada penceramah. Setelah saya tahu, kemudian saya tenang sejenak dan mencoba mendengarkan apa yang disampaikan tetapi sayangnya saya tidak bisa menangkap inti dari ceramah. Akhirnya acara selesai dan sayapun bergegas menuju base camp kami di UKS.
Kami di UKS sampai bel pulang berbunyi, sambil mengerjakan beberapa tugas di UKS. Pukul 13.15 WIB saatnya pulang sekolah, saya bergegas membereskan barang-barang saya. Pada hari selasa, ada kegiatan BTA di lokal selatan, saya mengajar di kelas VII J. Sampai di kelas VII J, saya mendapat sambutan hangat dari siswa-siswa kelas tersebut. Saya memulai dengan salam dan siap mengajar. Bagi yang belum bisa membaca al-qur’an, mereka tinggal di kelas untuk belajar membaca iqro’ dan hafalan sedangkan yang sudah bisa membaca al-qur’an, mereka dikelompokkan ke kelas tahsin, ruangnya di laboratotium IPA atau kadang-kadang di masjid.
Bel berbunyi pukul 14.30 WIB, saya mengakhiri dengan salam dan berjabat tangan dengan siswa putri.
Rabu, 5 Sept 2012
            Pada pukul 06.50 WIB, saya tiba di sekolah. Setelah saya memarkirkan sepeda motor,  kemudian saya menuju UKS, dimana UKS tersebut menjadi base camp PPL. Sesampainya di UKS sudah ada beberapa teman PPL lain yang terlebih dahulu datang. Pukul 07.00 WIB bel masuk dibunyikan oleh teman saya, kemudian saya berjalan menuju VIII E untuk mendampingi tadzarus. Tadzarus dilakukan rutin setiap pagi. Sampai di kelas para siswa sudah mempersiapkan juz ‘amma-nya di meja masing-masing, mereka sudah siap untuk membaca. Tetapi ada beberapa siswa yang kurang mempersiapkan diri dan akhirnya mereka tidak menyimak juz ‘amma dan ngobrol dengan teman semejanya. Melihat hal tersebut saya memperingatkannya supaya focus untuk tadzarus. Kemudian anak-anak tersebut bisa diam dan bisa mengikuti bacaannya. Dibalik kegaduhannya, mereka sedikit hafal surat yang sedang dibaca.
            Setelah 15 menit mendampingi tadzarus pagi, saya menuju UKS. Di UKS, saya mengerjakan beberapa tugas dan koordinasi dengan teman-teman PPL sampai pukul 08.00 WIB. Setelah piket UKS, saya ke kantor guru. Di kantor, saya piket disana, saya mengerjakan beberapa tugas, seperti: membunyikan bel dan tugas-tugas lain sampai pukul 10.45 WIB.
            Hari ini adalah awal saya dan teman-teman lain untuk observasi kelas. Pada  pukul 10.45 WIB - 11.25 WIB  jadwal di kelas VIII D. Bapak Pamong kami yaitu Bapak Wahyu R, kami belajar dari beliau, baik dari belajar membuat RPP dan metode yang digunakan serta hal lainnya. Pada saat observasi, kami melihat bagaimana cara beliau mengajar, kemudian saya pahami dan pelajari. Bel berbunyi tanda pergantian jam pelajaran, kami keluar kelas dan menuju base camp kami di UKS.
            Tiba di UKS ada beberapa siswa yang sakit. Saya merawat dengan memberinya minuman. Kemudian beberapa saat kemudian, ada guru yang menawarkan ke siswa tersebut untuk pulang dengan memanggilkan petugas untuk mengantarkan anak tersebut. Beberapa menit kemudian ada bapak guru yang membawa mobil dan siap untuk mengantar si anak tersebut pulang.
            Pada pukul 13.15 WIB bel berbunyi tandanya pulang. Saya bergegas membereskan barang-barang saya ke dalam tas. Kemudian saya dan teman-teman lain berpamitan dengan ibu guru yang masih di kantor.
Kamis, 6 Sept 2012
Hari ini saya ijin dengan kepentingan mengisi KRS (Kartu Rencana Studi) di kampus. Saya ijin dengan ibu guru yang piket pada hari ini yaitu Ibu Elna, beliau guru fisika.
Jum’at, 7 Sept 2012
Karena jalanan sangat macet, saya sampai di sekolah pukul 07.20 WIB. Saya terlambat datang ke sekolah, saya sangat menyesal dan saya berjanji pada diri saya untuk tidak mengulangi lagi (insya Allah). Tiba di sekolah, saya menuju kantor untuk membantu ibu guru mengecek hasil nilai kepribadian dan akhlak kelas VII dan VIII sampai pukul 08.40 WIB. Kami saling kerja sama untuk melakukan tugas tersebut. Di kantor, kami melakukan tugas tersebut dan melakukan tugas lain, seperti: membunyikan bel.
Pukul 08.40 WIB – 09.55 WIB, saya mendampingi siswa di kelas VIII A karena guru sedang rapat dan para siswa sudah di beri tugas. Saya mengawali dengan salam. Kemudian para siswa melanjutkan mengerjakan tugasnya. Kelas A terkenal gaduh. Saya di kelas tersebut merasa heran, karena hanya beberapa siswa yang mengerjakan dengan serius. Bel berbunyi kemudian saya mengakhiri dengan salam.
Usai di kelas VIII A, saya menuju base camp (UKS). Di UKS ada beberapa siswa yang sakit, saya menengoknya dan menanyakan beberapa pertanyaan tentang sakitnya. Dan akhirnya pukul 11.15 WIB bel pulang, anak tersebut bisa pulang sendiri bersama temannya dan saya bergegas untuk membereskan barang-barang kemudian pulang.
Sabtu, 8 Sept 2012
            Saya tiba di sekolah pukul 06.55 WIB, beberapa menit kemudian bel masuk berbunyi kemudian saya menuju VIII A untuk mendampingi tadzarus. Saya melihat hari itu belum ada perubahan di kelas tersebut, masih tidak tertib dan gaduh, hanya beberapa yang fokus tadzarus. Saya bosan untuk mengingatkan mereka. Tapi saya mencoba untuk bersabar dan tetap mengingatkan mereka. Saya menyadari dibalik kekurangan mereka pasti ada kelebihan, mungkin di bidang lain. Tadzarus pagi membaca 2 surat yang sudah terjadwal. Tadzarus dilaksanakan selama 15 menit.
            Usai tadzarus, saya menuju kantor untuk piket. Disana saya mengerjakan beberapa tugas bersama teman-teman PPL lain. Pada saat di kantor, saya mendengar bahwa di UKS ada yang sakit, saya menjenguknya dan merawat siswa yang sakit tersebut. Pukul 10.05 WIB, bel pergantian jam pelajaran, saya menuju kelas VIII A untuk mendampingi siswa-siswa karena guru berhalangan hadir dan sudah diberi tugas. Saya mengawali dengan salam. Di kelas tersebut suasananya gaduh tapi saya mencoba untuk menenangkan mereka. Sambil mereka mengerjakan tugasnya, saya menanyakan beberapa pertanyaan mengenai sekolah mereka.
Bel berbunyi pukul 10.45 WIB, hari itu diadakan kerja bakti untuk perpindahan kelas VIII A dan B pindah di mushola, kelas VIII C dan D pindah di lantai 2. Ruang kelas VIII A-VIII D akan direnovasi. Untuk sementara, mushola belum ada dan apabila sholat dikerjakan di masjid yang berada di dekat sekolah.
Saat kerja bakti, anak-anak terlihat bersemangat dan saling kerja sama, mengangkat kursi dari lantai satu ke lantai dua, menyeret dan mengangkat kursi, meja juga mengambil dekorasi, jam dinding juga foto presiden, wakil presiden, garuda dan semua isi kelas. Sayapun juga ikut membantu. Terasa capek tapi saya jalani dengan ikhlas. Kerja bakti usai sebelum bel pulang, jadi anak-anak masuk kelas. Bel pulang pukul 11.25 WIB, anak-anak bersorak-sorai karena senang. Mereka pulang dan berjabat tangan dengan Bapak/Ibu guru.
Senin, 10 Sept 2012
            Upacara diadakan rutin setiap hari senin, saya mengikuti dengan khidmat. Saya memperhatikan siswa-siswa yang berbaris rapi dihalaman dan para petugas yang menjalankan tugasnya dengan baik. Saat upacara ada beberapa siswa yang sakit, saya lihat mereka menuju ke kelasnya. Kemudian salah satu guru mengikutinya.
Banyak yang bisa saya ambil dari kegiatan tersebut, yaitu melatih disiplin, baik disiplin waktu maupun kerapian berpakaian, dan lain-lain. Siswa harus disiplin waktu, jadi bagi yang terlambat harus membuat barisan sendiri. Kemudian disiplin berpakaian, siswa harus mengenakan pakaian biru-putih kecuali petugas, petugas mengenakan putih-putih juga mereka harus mengenakan atribut lengkap. Jika tidak lengkap mereka berdiri di barisan siswa yang tidak tertib.  
            Setelah kami mengikuti upacara bendera, kami kembali ke base camp kami di UKS. Di UKS, saya melihat beberapa siswa yang tergeletak di tempat tidur. Siswa tersebut pinsan saat mengikuti upacara. Hal lain disebabkan karena siswa tersebut belum sarapan. Kami memberinya obat dan makanan juga minuman. Saya melihat pula siswa yang pusing-pusing dan sakit ringan lain.
            Dengan kondisi seperti itu, saya sambil mengerjakan beberapa tugas, yaitu mengisi field note dan memahami RPP yang saya buat kemarin, karena hari itu saya akan mengajar di kelas VIII F.
            Siswa yang masih di UKS belum juga pulih, mereka masih di UKS, saya menanyainya: “Sudah bisa kembali ke kelas apa mau pulang?” Dia menjawab: “Disini saja mbak”. Kemudian saya bilang: “Ya sudah, saya tinggal ke kantor dulu ya!”.
            Pukul 10.00 WIB saya ke kantor untuk konsultasi RPP. Saya konsultasi dengan guru pamong saya, Bapak Wahyu, bersama teman kelompok saya yaitu Ias dan Vita kami konsultasi. Berhubung hari senin kita ada jadwal mengajar, jadi kita bersama-sama konsultasi RPP. RPP yang saya buat ternyata banyak kesalahan dari tujuan pembelajaran dan kegiatan inti. Dengan konsultasi, saya jadi mengetahui kesalahan-kesalahan saya. Setelah usai konsultasi saya mengajar kelas VIII F. Saya mengawali pelajaran dengan salam dan menanyakan keadaan mereka, kemudian saya memperkenalkan diri. Kemudian saya membahas materi hari itu. Siswa-siswa sangat antusias. Bel pergantian pelajaran pada pukul 11.05 WIB, Saya mengakhiri dengan salam dan hamdallah.
            Dengan perasaan senang, saya kembali ke base camp. Disana saya melihat siswa masih tergeletak di tempat tidur. Kemudian saya bertanya pada siswa tersebut. Sambil menanti bel pulang, saya mengerjakan beberapa tugas.


Selasa, 11 Sept 2012
            Saya tiba di sekolah pada pukul 06.55WIB. saya menuju base camp, UKS. Kemudian pada pukul 07.00 WIB, saya membunyikan bel masuk. Saya menuju kelas VIII C untuk mendampingi tadzarus pagi. Saya mengawali dengan salam. Lalu ketua kelas memimpin do’a dan dilanjutkan tadzarus. Jadwal tadzarus yaitu 2 surat. Suasana di kelas sangat tenang. Para siswa tadzarus dengan khidmat. Keadaan di ruang kelas terlihat bersih dan papan tulis juga sudah bersih. Setelah selesai, saya memberi evaluasi dari kegiatan tersebut bahwa tadzarus kelas tersebut sudah bagus dan perlu ditingkatkan.
            Pukul 07.15 WIB, saya kembali ke UKS untuk piket disana. Hari itu ada siswa yang sakit. Saya merawatnya dengan memberi makan dan minum juga obat. Sambil menunggu siswa tersebut pulih dari sakitnya, saya mengisi field note dan meng-edit RPP.
            Dengan kesepakatan kemarin, pada pukul 09.00 WIB, kami petugas di lokal utara untuk piket di perpustakaan lokal selatan. Untuk itu kami menuju lokal selatan kurang lebih 5 menit perjalanan menggunakan sepeda motor. Sampai di lokal selatan, kami menuju base camp yaitu di ruang laboratorium. Kami menemui teman-teman PPL disana terlebih dahulu kemudian kami menuju perpustakaan. Tiba disana kami bertemu dengan petugas perpustakaan. Kami berjabat tangan. Di perpustakaan, kami diberi tugas menyampul buku dan merapikannya di rak. Kami bekerja sama dengan teman-teman yang lain untuk melakukan tugas tersebut. disela-sela aktivitas tersebut, kami istirahat sejenak untuk sholat berjamaah di masjid. Kemudian setelah melakukan sholat, kami kembali ke perpustakaan dan melanjutkan tugas seperti tadi.
            Bel pulang berbunyi pada pukul 13.15 WIB, kami membereskan barang-barang kami yang kami letakkan di base camp, ruang laboratorium. Kami menanti pukul 13.30WIB, untuk ngajar BTA. Saya ngajar kelas VII J. saya membuka kegiatan dengan salam. Siswa-siswa sangat aktif. Kondisi kelas sangat ramai. Ada beberapa siswa yang belum sama sekali mengenal huruf  hijaiyah. Dengan sabar, saya mengajar mereka. Bel berbunyi pada pukul 14.30WIB, saatnya pulang. Saya menutup kegiatan dengan salam. Kemudian berjabat tangan dengan siswa putri.


Rabu, 12 Oktober 2012
            Saya tiba di sekolah pukul 06.50 WIB, kemudian saya menuju base camp. Menanti pukul 07.00 WIB, saya membersihkan ruangan terlebih dahulu, membuka korden, menyapu ruangan, membersihkan meja dan kursi juga kasur. Hari itu saya datang nomor 3 yang paling awal adalah Tya, kemudia Laila, lalu saya. Sesekali saya membuka kotak obat, dan ternyata tak satupun obat disana. Kemudian saya mengusulkan pada teman-teman supaya mengisi kotak obat tersebut dengan obat-obatan, perban, dan lain-lain.
            Pukul 07.00 WIB, saya mendampingi tadzarus di kelas VIII E. saya membuka keggiatan dengan salam. Kemudian saya menyuruh ketua kelas untuk menyiapkan. Lalu mereka berdo’a dan tadzarus dengan khidmat. Sebut saja Risal, siswa kelas VIII E, dia banyak bicara saat tadzarus. Lalu saya mengingatkan untuk diam dan mengikuti bacaan. Selesai membaca 2 surat, saya menutup dengan salam.
            Pukul 07.15 WIB, setelah saya mendampingi tadzarus, saya mendampingi siswa di kelas VIII C dalam mengerjakan tugas karena guru berhalangan hadir. Saya hanya menunggu dan sesekali bertanya tentang keadaan mereka dan keadaan sekolah mereka. Suasana di kelas VIII C sedikit tenang. Di kelas tersebut, saya sedikit memberi motivasi supaya mereka rajin belajar.
            Pukul 07.50 WIB, bel berbunyi pergantian pelajaran. Saya kembali ke UKS untuk piket disana.  Di UKS ada siswa yang sakit ringan, saya memberinya minuman tetapi dia tidak mau. Setelah beberapa menit kemudian, bapak pamong kami datang, saya konsultasi RPP dengan beliau kurang lebih 5 menit.
            Setelah saya konsultasi, saya mendampingi kelas VIII B, yang sedang mengerjakan tugas dan ditinggal oleh gurunya, karena sedang ada kepentingan. Suasana di kelas lumayan gaduh. Saya mengingatkan ketua kelasnya, bahwa jadi ketua kelas bahkan ketua OSIS itu harus bisa menjadi contoh teman-temannya. Saya mengatakan seperti itu karena ketua kelas tersebut sering membuat gaduh. Dia juga sebagai ketua OSIS.
            Pukul 09.16 WIB, saya kembali ke base camp untuk piket disana. Siswa yang tadi sakit sekarang tidak terlihat lagi di ruang UKS karena sudah kembali ke kelasnya. Setelah piket di UKS, saya piket di kantor, saya membunyikan bel. Saya di kantor sampai pukul 12.00 WIB. Tiba saatnya istirahat jam ke-2 waktunya untuk sholat berjamaah. Saya mengikuti kegiatan tersebut.
            Setelah melakukan sembahyang dhuhur, saya menuju UKS. Saya melakukan beberapa tugas, seperti: mengisi field note, koordinasi antar teman PPL dan karena posisi UKS dengan kelas VIII A bersebelahan, saya mendengar kegaduhan di kelas tersebut. Kemudian saya menghampiri dan memperingatkan mereka supaya tidak gaduh.
            Pukul 13.15 WIB, saya membereskan barang-barang dan siap pulang. Kemudian saya berjabat tangan dengan siswa putri juga ibu guru.
Kamis, 13 Oktober 2012
            Tiba di sekolah pukul 06.55 WIB, saya menuju kantor dan berjabat tangan dengan ibu guru dengan ibu guru. Kemudian saya meletakkan tas dan merapikan diri didepan cermin. Pukul 07.00 WIB, saya membunyikan bel masuk. Kemudian saya menuju kelas VIII D untuk mendampingi tadzarus. Saya membuka dengan salam, ketua kelas menyiapkan lalu memulai do’a dan tadzarus. Saya melihat anak yang tidak bisa diam (aktif) kemudian saya memperingatkannya. Dua surat sudah dibaca, karena saya melihat sampah yang berserakan, saya tidak langsung menutup kegiatan, tetapi saya menyuruh siswa yang didekatnya untuk memunguti sampah tersebut. setelah bersih, saya menutup dengan salam.
            Dari kelas VIII D, saya kembali ke kantor untuk piket. Disana kami koordinasi dengan teman-teman PPL dan juga mengisi absen kelas. Hari itu teman saya ada jadwal mengajar di kelas VIII D, saya ikut melihat untuk observasi. Metode yang kita gunakan berbeda. Kelihatannya, siswa lebih tertarik dengan pembelajaran menggunakan media, baik berupa LCD, atau media lain. Tapi sayangnya di MTs N Bekonang tepatnya di kelas VIII belum saya jumpai kelas yang difasilitasi LCD. Jadi saya tidak pernah menggunakan media.
            Pukul 11.30 WIB-13.15, saya piket di kantor. Saya melakukan beberapa tugas disana, seperti: koordinasi antar teman PPL, mengisi daftar siswa yang tidak mengikuti sholat dhuhur berjamaah, membunyikan bel, mengisi field note, dan lain-lain.
            Tiba saatnya untuk sholat dhuhur, saya mengikuti kegiatan tersebut secara berjamaah dimasjid karena mushola di sekolah belum ada. Setelah kembali dari masjid, saya dan teman-teman menuju kantor sampai waktu pulang. Pukul 13.15 WIB, saya membunyikan bel pulang. Setelah itu kami menuju lokal selatan untuk ngajar BTA. Saya ngajar kelas VII J. saya bersama Naima. Dia jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), sedangkan saya Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Kami baru kenal ketika kami PPL di MTs Negeri Bekonang. Bel pulang berbunyi pada pukul 14.30 WIB, saya mengakhiri dengan salam dan berjabat tangan dengan siswa putri.
Jum’at, 14 September 2012
            Saya tiba di sekolah pada pukul 06.55 WIB. Saya mengenakan pakaian olah raga karena hari itu diadakan jalan sehat. Kami warga MTs N Bekonang mengikuti acara tersebut. saya senang, karena kegiatan tersebut hanya dilakukan sebulan sekali. Udara pagi yang masih segar, membuat pikiran terasa tenang. Kami berjalan dengan barisan yang rapi. Sesekali barisan jadi berubah karena beberapa siswa yang terlambat dari arah belakang.
Kurang lebih 30 menit, kami jalan-jalan hanya mengelilingi kampung sekitar. Pada pukul 07.30 WIB, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai. Saya dan teman-teman menuju kantor, seperti biasa kami piket disana, saya melakukan beberapa tugas, seperti: mengisi buku absen dan membunyikan bel juga mengisi field note.
Hari itu jadwal saya mengajar di kelas VIII E. sebelum mengajar saya konsultasi dengan guru pamong terlebih dahulu. Setelah bapak pamong setuju dengan RPP yang saya buat, kemudian saya siap untuk mengajar. Saya masuk kelas VIII E dan disambut dengan hangat oleh siswa-siswa VIII E. Saya sangat senang mulai bisa kenal dengan siswa-siswa. Saya mengawali dengan salam kemudian menanyakan keadaan siswa setelah mereka mengikuti jalan sehat. Mereka terlihat sangat capek. Tapi apapun keadaannya, saya tetap mengajar. Kemudian diakhir acara, saya menutup dengan salam.
            Usai ngajar kelas VIII E, saya kembali ke kantor untuk piket disana. Saya piket sampai jam pulang sekolah, yaitu pukul 11.20 WIB.
Sabtu, 15 September 2012
            Saya tiba di sekolah pada pukul 06.55 WIB, kemudian saya menuju kantor untuk piket. Tiba di kantor, saya berjabat tangan dengan ibu guru yang sudah terlebih dulu datang. Kemudian pukul 07.00 WIB, saya membunyikan bel masuk. Kemudian saya menuju kelas VIII F untuk mendampingi tadzarus. Saya membuka kegiatan tersebut dan menyuruh ketua kelas menyiapkan lalu ber’doa dan dilanjutkan tadzarus. Tadzarus setiap hari membaca dua surat. Siswa kelas tersebut sangat rajin. Mereka tadzarus dengan kompak tetapi ada siswa satu atau dua yang terlihat tidak fokus tadzarus. Setelah dua surat dibaca, saya memberi evaluasi bahwa mereka tadzarus sudah baik tetapi masih perlu ditingkatkan. Saya menutup dengan salam.
Usai mendampingi tadzarus pada pukul 07.15 WIB, saya menuju kantor untuk piket disana. Saya piket bersama teman-teman lainnya karena base camp kita memang di kantor guru jadi kami setiap hari di ruang itu. Kami mengerjakan beberapa aktivitas, seperti: membunyikan bel, koordinasi dengan teman-teman PPL, mengisi field note, dan sebagainya.
Pada hari itu pula, Bapak Bisri, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) datang ke MTs Negeri Bekonang, awalnya beliau datang di lokal selatan MTs kemudian ke lokal utara MTs. Beliau meminta RPP kami, lalu kami tunjukkan dan beliau mengoreksinya satu persatu. RPP yang kami tunjukkan kepada beliau ternyata ada yang keliru. Dari kekeliruan tadi, saya membenarkannya. Kurang lebih 30 menit kami konsultasi dengan Bapak Bisri.
Pukul 10.05 WIB, saya masuk kelas VIII E untuk mendampingi siswa-siswa karena guru berhalangan hadir. Suasana di kelas agak ramai. Saat itu siswa diberi tugas untuk mencatat. Bel berbunyi, saya kembali ke kantor. Pukul 11.25 WIB, bel pulang berbunyi, kami bergegas membereskan barang-barang dan pulang.    
Senin, 17 Sept 2012
            Upacara bendera diselenggarakan pada hari ini pukul 07.00 WIB s/d 07.30 WIB di lokal selatan, karena ketidaktahuan dan kurangnya informasi yang saya dapat. Saya tiba di sekolah, ternyata tidak ada seorangpun di lokal utara. Kemudian saya menuju lokal selatan tapi sayangnya,  upacara sudah dimulai dan saya harus menunggu sampai selesai untuk bisa masuk ke base camp anak-anak PPL. Dengan rasa menyesal dan ingin tidak terlambat lagi, saya harus disiplin. Saya menyadari perjalanan Solo-Bekonang membutuhkan hampir 1jam dan kalau macet menambah waktu yang terbuang diperjalanan.
            Pukul 07.30 WIB s/d 07.45 WIB, perjalanan dari lokal selatan ke lokal utara. Setelah itu, bel berbunyi pada pukul 07.45 WIB s/d 08.00, kami dari anak-anak PPL bergegas menuju kelas. Saya menuju kelas VIII B untuk mendampingi tadzarus. Saya mengawali dengan salam. Suasana tadzarus di kelas VIII B kurang kondusif karena sebagian siswa kurang konsen dan ramai salah satunya ketua kelas, biarpun saya sudah mengingatkan untuk tenang, mereka tetap saja membuat gaduh. Setelah selesai tadzarus, saya katakan pada siswa-siswa bahwa: “Ketua kelasnya saja membuat ramai apalagi anggotanya”. Berhubung kelas sangat kotor, kemudian saya memanggil siswa yang piket pada hari itu. Mereka menghapus tulisan di papan tulis dan menyapu. Sambil mereka piket, saya mengakhiri dengan salam.
            Setelah dari kelas VIII B, pada pukul 08.00 WIB saya berjalan menuju kantor guru, karena base camp kita di kantor guru, biarpun base camp kita di kantor, saya malah senang karena bisa bersosialisasi dengan bapak/ibu guru disana. Di kantor, saya piket yaitu membunyikan bel masuk dan istirahat juga waktu pulang.
Istirahat pertama, saya mengabsen kelas. Pertamanya, saya menuju kelas VIII F, kemudian VIII A, VIII B, VIII E, VIII D dan yang terakhir VIII C. karena letak kelas tidak urut dari A-F jadi saya mengabsen tidak mengurutkan dari kelas A-F. Setelah mengabsen kelas, kemudian saya menuliskan di buku absen. Sampai bel pulang berbunyi, saya di kantor untuk piket disana.
Selasa, 18 Sept 2012
Tiba di sekolah pukul 06.50 WIB, kemudian salah satu teman PPL membunyikan bel masuk, saya bergegas masuk kelas VIII B untuk mendampingi tadzarus. Tiba di kelas, saya membuka kegiatan dengan salam. Kemudian ketua kelas menyiapkan untuk berdo’a dan tadzarus. Beberapa siswa ada yang bermalas-malasan untuk tadzarus tapi saya memberi peringatan, saat itu tiba seorang guru yang bisa dibilang ditakuti siswa yaitu Bapak Arif (Guru BK), beliau melihat dari pintu, siswa mulai tenang dan tertib.
Usai tadzarus, sambil menunggu pengumuman yang akan disampaikan oleh ketua kelas, saya menyuruh siswa yang piket pada hari itu untuk menyapu karena kelas masih kotor. Sambil mereka menyapu, ketua kelas mengumumkan bahwa hari itu Bapak dan Ibu guru akan menghadiri halal bihalal, jadi siswa pulang pagi. Setelah ketua kelas mengumumkan pengumuman, saya menyuruh untuk berdo’a mau pulang, kemudian saya menutup dengan salam.
Mereka pulang pagi dan kelihatannya ada yang senang dan ada yang kurang senang. Saya bertanya pada salah satu siswa apakah senang pulang pagi, dan dia menjawab: “nggak senang, nggak dapat ilmu”.
Saya kembali ke kantor kemudian kami berpamitan dengan ibu guru untuk pulang. Sebelum pulang, kami tak lupa untuk mematikan kipas angin dan menutup jendela.
Rabu, 19 Sept 2012
Jalanan yang penuh sesak juga jauh (kurang lebih 50 menit) membuat saya terlambat datang ke sekolah. Saya tiba pukul 07.10 WIB, dengan rasa kecewa, saya tidak bisa mendampingi tadzarus, tapi saya berusaha untk mencari kelas yang kosong VIII F, VIII B, VIII A tapi disayangkan lagi, di kelas itu sudah ada teman-teman yang mendampingi tadzarus. Kemudian saya kembali ke kantor. Di kantor, saya sangat malu karena banyak guru yang siap untuk mengajar. Kemudian saya menyalami dan menuju tempat duduk, kemudian saya meletakkan tas dan siap memulai aktivitas hari itu, sampai pukul 08.30 WIB piket di kantor, kemudian,  saya diberi tugas oleh guru piket untuk menyampaikan tugas di kelas VIII A pada jam ke 3 dan kelas VIII D pada jam ke 5, saya masuk di kelas VIII A, kemudian mengawali dengan salam. Saya memanggil sekretaris kelas tersebut untuk mencatat di papan tulis. Kelas tersebut sangat ramai, karena beberapa siswa membuat kegaduhan. Pukul 09.10WIB, bel berbunyi waktunya para siswa istirahat, mencatatpun disudahi, lalu saya mengakhiri dengan salam.
Dari kelas VIII A, saya menuju kantor. Di kantor, saya mengerjakan beberapa kegiatan, misalnya: membuat field note hari itu, koordinasi dengan teman PPL, menyiapkan buat materi ngajar, dan lain-lain.
Pukul 10.05 WIB, tiba saatnya masuk kelas VIII D untuk menyampaikan tugas dari Bapak Guru yang sedang ada kepentingan dan berhalangan hadir. Saya mengawali dengan salam, lalu saya memanggil sekretaris untuk mencatat di papan tulis. Suasana kelas VIII sangat ramai, karena salah satu siswa, sebut saja namanya Anang. Dia sangat cerewet dan tidak bisa diam, dia punya kembaran di kelas VIII D, dua-duanya cerewet, jadi kalau diingatkan, awalnya diam tapi selanjutnya ramai lagi. Saya memaklumi itu. Pukul 10.45 WIB, saya mengakhiri dengan salam karena bel berbunyi. Kemudian saya menuju kantor untuk piket.
Tiba saatnya untuk pulang, pukul 13.15 WIB bel berbunyi. Saya membereskan barang-barang dan bergegas untuk back to home.
Kamis, 20 Sept 2012
Tiba di sekolah pukul 06.55 WIB. Saya masuk di kantor dan membunyikan bel. Saya menuju VIII E dengan membawa al-qur’an untuk mendampingi tadzarus pagi itu. Suasana tenang di kelas tersebut tapi beberapa siswa masih gaduh, sebut saja namanya Risal. Dia itu sangat aktif . saya membuka dengan salam kemudian ketua kelas menyiapkan lalu berdo’a dan tadzarus dimulai. Kita membaca dua surat kemudian mengakhiri tadzarus. Karena ruang kelas sudah bersih, saya tidak memanggil petugas piket pada hari itu untuk menyapu. Kemudian saya mengakhirinya dengan salam.  
Menuju kantor untuk piket pada pukul 07.15-07.25 WIB. Kemudian saya piket di UKS, kebetulan disana ada siswa yang sakit. Saya mengobati dan memberinya minuman. Saya di UKS sampai pukul 09.00 WIB. Di UKS, kondisinya kurang nyaman, karena ruang UKS sedang diperbaiki, jadi pindah di ruang peralatan olahraga, jadi disana ada banyak peralatan olah raga, seperti: bola, kayu bambu, dan lain-lain.
Pada pukul 09.00 WIB, saya kembali ke kantor. Saya membunyikan bel dan mengisi field note. Pada hari itu, saya ada jadwal mengajar, jadi saya konsultasi RPP dengan guru pamong saya yaitu Bapak Wahyu Rohmadi. Beliau mengoreksi RPP saya dengan teliti. Beliau memberikan banyak masukan. Kurang lebih 15 menit saya konsultasi dengan guru pamong.
Sambil menunggu waktu untuk ngajar, saya mengisi field note. Kemudian bel berbunyi pada pukul 10.05 WIB. Dengan langkah santai, saya bergegas menuju kelas VIII D. Suasana di kelas agak ramai tetapi lama-kelamaan, saya bisa menenangkan siswa-siswa. Saya mengajar hanya satu jam pelajaran, bel berbunyi pukul 11.25 WIB. Kemudian saya kembali ke kantor untuk istirahat dan mempersiapkan diri untuk sholat berjamaah di masjid. Pada hari itu banyak siswa putri yang tidak sholat karena suatu hal. Mereka menulis absen tidak mengikuti sholat. Suasana sholat sangat khusu’ yang awalnya sangat ramai tetapi ketika mendengan iqomah lama-kelamaan suasana menjadi tenang.
Usai melaksanakan sholat berjamaah, kami kembali ke sekolah untuk melanjutkan pelajaran. Pada pukul 13.15 WIB, bel pulang berbunyi. Kami bergegas untuk pulang. Hari itu, kami tidak langsung pulang karena kami ada jadwal mengajar BTA di lokal selatan sampai pukul 14.30 WIB.
Jum’at, 21 Sept 2012
Tiba di sekolah pukul 06.50 WIB, saya langsung menuju kantor, sesampainya di kantor saya melihat tiga ibu guru, lalu saya menyalami beliau-beliau dengan senyum mengembang. Di kantor, saya istirahat sejenak karena perjalanan jauh dari Solo-Sukoharjo sekitar 50 menit perjalanan, bagi saya 50 menit itu sangat melelahkan tapi saya jalani dengan senang hati. Hari itu, saya belum sarapan jadi agar tidak sakit perut, saya makan sepotong roti yang saya bawa dari rumah. Di kantor, ibu dan bapak guru mulai berdatangan.
Pukul 07.00 WIB, bel berbunyi tandanya masuk, saya bergegas menuju kelas VIII B untuk mendampingi tadzarus. Saya memulai dengan salam, suasana di kelas saat tadzarus sangat ramai dan mereka tadzarus tidak kompak, lalu saya menyuruh untuk mengulangi dari ayat pertama surat al-‘Alaq. Saat mereka saya suruh mengulang, mereka bisa kompak. Kemudian saya lihat lantai masih sangat kotor, usai tadzarus saya memanggil petugas piket untuk menyapu. Saat itu, Bapak Brian, Guru Bahasa Arab menunggu di luar untuk siap mengajar. Sambil siswa-siswa menyapu, saya mengakhiri dengan salam.  
Usai mendampingi tadzarus pukul 07.15 WIB, saya menuju kantor untuk piket disana. Disana saya mengerjakan beberapa tugas, seperti: membunyikan bel, mengisi absen, dan memahami RPP untuk mengajar, mengisi field note, dll.
Pada istirahat pertama yaitu pukul 09.00 WIB, saya mengabsen kelas. Saya mengabsen dari kelas VIII A-VIII F. Kurang lebih 15 menit waktu untuk mengabsen 6 kelas. Setelah usai mengabsen, saya kembali ke kantor dan menyalinnya ke buku absen yang sudah disediakan. Pukul 11.25 WIB, saya piket di kantor sampai waktu pulang.
Sabtu, 22 Sept 2012
            Pagi ini saya tiba di sekolah pukul 06.55 WIB, saya menanti bel masuk pukul 07.00 WIB, saya menuju kelas VIII E untuk mendampingi tadzarus. Tadzarus berlangsung selama 10 menit. Hari itu siswa yang ramai namanya Agus, Risal, dan lain-lain yang duduknya di pojok kanan. Sedang yang lain bisa tenang. Siswa tersebut kelihatannya tidak semangat sekolah karena beberapa faktor. Saya pernah menanyai mereka.
            Setelah selesai mendampingi tadzarus di kelas VIII E, saya kembali menuju kantor untuk piket disana. Pada pukul 10.05 WIB bel pergantian jam pelajaran. Saya menuju kelas VIII A karena untuk menyampaikan tugas dari Bapak Guru yang sedang ada kepentingan dan berhalangan hadir. Siswa-siswa membuat kegaduhan baik laki-laki maupun perempuan. Hanya beberapa siswa yang mengerjakan, sedang yang lainnya hanya mencontek. Saya sudah memperingatkan, tetapi mereka tidak mempedulikan saya.
            Pukul 10.45 WIB, bel berbunyi pergantian jam pelajaran. Saya mengakhiri dengan salam di kelas tersebut dan kembali ke kantor untuk piket disana sampai bel pulang berbunyi pukul 11.25 WIB. Sambil menanti bel pulang, saya mengerjakan beberapa tugas di kantor.
Senin, 24 Sept 2012
            Tiba disekolah pukul 06.58 WIB, hari senin mengikuti upacara bendera di lokal utara. Yang menjadi petugas upacara yaitu kelas VIII A, petugas melakukan tugasnya dengan bagus tapi ada beberapa siswa yang agak celometan, karena membalikan topinya saat menjadi petugas choir (paduan suara). Bapak guru petugas menyampaikan amanah bahwa siswa diharapkan bisa menjaga kerapian khususnya kerapian dalam berpakaian dan khususnya para siswi karena akhir-akhir ini mereka tidak rapi dalam berjilbab. Maka dari itu kita sebagai ibu guru dianjurkan untuk menasehatinya dan memberi arahan dalam berjilbab.
            Usai upacara bendera, pukul 07.28 WIB, saya menuju kantor untuk piket, saya melakukan ngebel, mengisi absen kelas, dan koordinasi dengan teman-teman PPL.
            Pada pukul 09.05 WIB, jadwal saya ngajar di kelas VIII E, saya ngajar bab dialogue dengan skill speaking. Keadaan kelas sangat ramai, saya mengawali dengan salam dan mengajar sesuai dengan RPP yang sudah saya siapkan sejak kemarin. Kegiatan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) berjalan lancar, pukul 10.25 WIB usai mengajar saya menuju kantor.
            Pukul 12.25 WIB, saya mengikuti sholat berjamaah di masjid, karena mushola sedang dalam renovasi jadi kita sholat di masjid yang berada di dekat sekolah. Setelah usai melaksanakan sholat berjamaah, saya kembali ke kantor untuk piket sampai pukul 13.35 WIB.
Selasa, 25 Sept 2012
Tiba di sekolah pukul 07.06 WIB, saya terlambat datang ke sekolah karena jalanan sangat macet juga jaraknya jauh. Saya masuk ke kantor dan menyalami beberapa ibu guru disana. Saya berjalan menuju kelas VIII F untuk mendampingi tadzarus, ternyata sudah ada ibu guru yang siap untuk mengajar kemudian saya lihat di kelas VIII B, ternyata sudah ada teman dari PPL.
Saya duduk di depan kelas, tak berapa lama saya berjalan mencari kegiatan sampai waktu tadzarus selesai. Kemudian saya kembali ke kantor untuk piket disana. Karena datang terlambat, teman-teman PPL lain menanyai, kenapa saya datang terlambat. Saya menjawab apa adanya bahwa jalanan sangat macet jadi saya terlambat.
Sampai pukul 09.10 WIB, saya piket di kantor. Kemudian bel istirahat, saya mengabsen kelas. Saya mengabsen satu persatu ke kelas-kelas. Ternyata ada yang nihil dan ada yang membolos, ijin, sakit. Kelas A banyak yang tidak masuk, kebanyakan alpa/tanpa keterangan.
Selesai mengabsen kelas, saya kembali ke kantor untu menyalin ke buku absen yang sudah disediakan dari sekolah.
Pada pukul 11.25 WIB, saya mengisi dan menyampaikan tugas ke kelas VIII C karena guru berhalangan hadir. Siswa-siswa kelas C lumayan tenang. Tetapi karena ketenangannya, kelihatan mereka tidak fokus mengerjakan tugas. Pada pukul 12.25 WIB, saatnya untuk sholat berjamaah, saya beserta siswa-siswa juga bapak/ibu guru melaksanakan sholat berjamaah di masjid dekat sekolah. Kami melaksanakan dengan khusyu’. Pada pukul 13.15 WIB, bel pulang berbunyi. Siswa-siswa berpamitan dan berjabat tangan.
Hari Selasa, ada jadwal ngajar BTA/Tahsin kelas VII. Saya dan teman-teman PPL menuju lokal selatan. Tiba saatnya pada pukul 13.30 WIB, bel berbunyi tandanya waktu BTA sudah dimulai. Saya siap mengajar kelas VII J. Disana saya bersama teman saya, Naima dan 2 ibu guru. Kami mengajar kelas VII J sampai pukul 14.30 WIB. Suasana kelas sangat gaduh. Ibu guru memperingatkan mereka supaya tidak gaduh dan menyuruh mengerjakan beberapa tugas, seperti menulis arab/iqro’ kalau belum mendapat giliran membaca.
Rabu, 26 Sept 2012
            Ketidaktahuan mengenai informasi kampus, sehingga saya mengikuti kuliah pada pukul 07.00 WIB - 08.40 WIB, setelah saya kuliah kemudian saya berangkat ke sekolah. Ternyata selama PPL tidak diijinkan mengikuti kuliah.
Saya tiba di sekolah pukul 09.15 WIB. Saya menuju kantor untuk piket disana. Saya membunyikan bel dan mengisi absen. Hari itu jadwal saya untuk mengajar di kelas VIII F dengan materi Recount skill-nya writing, sebenarnya materi recount sudah diajarkan pertemuan kemarin tapi tuntutan jadwal jadi saya harus mengulang materi tersebut.
Tiba saatnya untuk mengajar pada pukul 11.25 WIB, sampai di kelas mendapat sambutan baik dari kelas tersebut tapi saat saya mau salam untuk mengawali pelajaran, masih ada beberapa siswa yang gaduh. KBM berjalan dengan baik, siswa antusias dan memperhatikan penjelasan dari saya, ada yang bertanya, ada yang memberi contoh, ada juga yang tidak memperhatikan, dll.
Pukul 12.05 WIB, bel berbunyi untuk sholat dhuhur, kita sholat berjamaah di masjid dekat sekolah, karena mushola sedang dalam renovasi, perjalanan sekitar 5 menit jalan kaki. Setelah kita selesai wudhu, kita sholat dengan khusu’
Pukul 12.35 WIB tiba di sekolah, di jadwal dicantumkan bahwa pukul 12.35 WIB bel masuk kelas, tetapi ibu/bapak guru mengatakan bahwa jangan dibunyikan dulu belnya, anak-anak biar jajan dulu. Sampai pukul 12.45 WIB, saya membunyikan bel masuk kemudian saya menuju kelas VIII F untuk melanjutkan materi karena tadi baru 1jam pelajaran. Saya me-review materi dan memberi tugas.
Saya memberi tugas dengan soal sebanyak 15 nomor, siswa banyak yang complain karena tidak mungkin kalau harus dikumpulkan hari itu juga, tetapi saya menenangkan siswa-siswa dengan kata “nggak apa-apa dikumpulkan besok kalau belum seesai”. Saya tetap melanjutkan menulis soal di white board.
Bel pulang berbunyi pukul 13.15 WIB, saya menyuruh ketua kelas untuk memimpin do’a tetapi siswa-siswa memberitahu bahwa ada tambahan jadwal jadi tidak berdo’a. Kemudian saya mengakhiri dengan salam.
Kamis, 27 Sept 2012
Tiba di sekolah pukul 06.55 WIB, saya menuju kelas VIII D untuk mendampingi tadzarus, suasana tadzarus di kelas agak gaduh karena di kelas tersebut banyak siswa yang kurang memperhatikan juzz ‘amma-nya, mereka pada ngobrol terutama siswa laki-laki, tetapi ada juga siswa perempuan pada berdandan dan ngobrol. Tadzarus membaca 2 surat rutin setiap hari. Suasana tadzarus kurang khusu’ karena beberapa siswa membuat gaduh. Tadzarus berlangsung selama 12 menit. Setelah selesai mendampingi tadzarus di kelas tersebut, saya menuju kantor. Di kantor saya melakukan beberapa tugas. Saya piket disana.
Pada pukul 08.30 WIB, saya melakukan sholat dhuha di masjid dekat sekolah. Kurang lebih 15 menit, saya melakukan sembahyang. Kemudian saya kembali ke kantor untuk piket disana. Pada pukul 09.25 WIB, saya menyampaikan tugas ke kelas VIII E karena guru berhalangan hadir. Siswa mengerjakan tugas dengan suasana gaduh. Berkali-kali saya mengingatkan mereka supaya tenang tetapi mereka tetap gaduh. Tetapi sebagian bisa tenang terutama siswa putri.
Pukul 10.05 WIB, bel berbunyi, lalu saya kembali ke kantor untuk piket. Pukul 12.05 WIB, bel istirahat ke 2, kami melakukan sembahyang dhuhur. Kami menuju masjid dengan berjalan kaki kira-kira 10 menit. Sesampainya di masjid, saya menuju tempat wudhu lalu melakukan sholat. Suasana ibadah sangat khhusyu’ dan tenang. Usai sembahyang, kami kembali ke sekolah, sampai di sekolah pukul 12.35 WIB. Bel masuk berbunyi.
Bel tanda masuk berbunyi, saya bersiap-siap untuk mengajar kelas VIII E. Saya masuk ke kelas dan mengawali dengan salam. Suasana di kelas lumayan tenang. Siswa-siswa kelihatan antusias belajar pada hari itu. Saatnya waktu pulang. Saya menutup dengan salam.
Hari ini ada jadwal BTA/Tahsin, kami bergegas menuju lokal selatan untuk ngajar disana. Sesampainya disana, kami menunggu bel masuk, yaitu pukul 14.30 WIB. Kemudian waktunya ngajar kelas VII J, saya mengawali dan mengakhiri kegiatan dengan salam.
Jum’at, 28 Sept 2012
            Hari ini saya tiba pukul 06.55 WIB, saya menuju kantor. Kemudian saya berjabat tangan dengan ibu guru dan teman-teman putri. Kemudian pukul 07.00 WIB, saya membunyikan bel masuk. Lalu saya menuju kelas VIII C untuk mendampingi tadzarus. Saya mengawali dengan salam. Lalu saya menyuruh ketua kelas untuk menyiapkan dan berdo’a. Tadzarus berlangsung dengan khusyu’. Mereka membaca 2 surat yang sudah terjadwal. Usai mendampingi tadzarus, saya menuju kantor untuk piket disana.
            Pada hari itu, ada kegiatan Jum’at bersih, jadi para siswa diwajibkan untuk membersihkan kelas dan lingkungan kelasnya. Kerja bakti berlangsung selama 30 menit. Saya member instruksi pada siswa-siswa dengan memberi contoh pada mereka bagaimana cara membersihkan jendela, menyapu, dan lain-lain.
            Pada pukul 07.42 WIB, usai melakukan kerja bakti, saya menuju kantor untuk piket disana sampai bel istirahat. Pada waktu istirahat, saya mengabsen kelas. Usai melakukan absen, saya menyalinnya di buku absen.
            Pukul 10.05 WIB, bel berbunyi tanda pergantian jam pelajaran. Saya menuju kelas VIII F untuk menyampaikan tugas dari ibu guru yang sedang berhalangan hadir saat itu. Usai 1 jam pelajaran. Bel pulang berbunyi. Saya menutup dengan salam.   
Sabtu, 29 Sept 2012
Saya tiba di sekolah pada pukul 06.55 WIB, saya menuju kantor untuk piket disana. Saya langsung menuju kantor dan berjabat tangan dengan ibu guru dan juga teman-teman putri yang sudah terlebih dulu datang.
Pada pukul 07.00, saya mendampingi tadzarus di kelas VIII B. Saya mengawali dan mengakhiri dengan salam. Beberapa siswa tidak membawa juzz ‘amma dan beberapa siswa tidak fokus membaca juzz ‘amma-nya. Siswa membaca 2 surat. Usai kegiatan tersebut, saya menuju kantor untuk mengambil tugas untuk disampaikan ke kelas VIII F. saya menuju kelas tersebut untuk menyampaikan tugas bahasa Jawa karena bapak guru sedang ada kepentingan. Suasana kelas tersebut lumayan tenang, tetapi ada siswa yang tidak fokus untuk mengerjakan tugas. Saya sesekali memperingatkannya. Saya mendampingi di kelas tersebut selama 1 jam pelajaran. Setelah bel berbunyi saya menyuruh untuk tugas dikumpulkan, saya mengakhiri dengan salam dan kembali ke kantor. Saya piket di kantor sampai pukul 09.25 WIB.
Hari itu ada latihan upacara, karena pada hari senin menjadi petugas. Kami yang dari lokal utara menuju ke lokal selatan. Kami menuju base camp dan meletakkan tas lalu kami langsung latihan. Petugas sudah dibagi jauh-jauh hari sebelum latihan. Kami dilatih oleh Bapak Guru, kira-kira ada 3 orang. Latihan selesai pada pukul 11.25 WIB. Kami bergegas untuk pulang.
Senin, 1 Oktober 2012
            Hari ini saya tiba di sekolah pukul 05.50 WIB karena saya dan teman-teman PPL menjadi petugas upacara. Karena hari ini hari kesaktian pancasila jadi kelas VII-IX upacara diadakan di lokal selatan. Kita berangkat pagi untuk latihan upacara. Tiba waktunya pukul 07.00 WIB dan upacara dimulai, saya siap menjalankan tugas membawa bendera merah putih. 
            Usai upacara bendera di lokal selatan, saya berangkat ke lokal utara untuk mendampingi tadzarus dan mengajar disana. Saya menuju kelas VIII D. Di kelas tersebut, saya mendampingi tadzarus dan mengajar. Hari itu saya mengajar recount dengan skill writing. Anak-anak agak lumayan memperhatikan penjelasan saya.
            Pukul 08.50 WIB, bel berbunyi saya menuju kantor untuk piket disana. Saya melakukan beberapa tugas, misalnya: membunyikan bel, mengisi buku piket, koordinasi antar teman PPL, mengisi kelas kosong dan tak lupa menulis field note. 
            Bel berbunyi pukul 11.05 WIB, saya menuju keas VIII E untuk menyampaikan tugas dari ibu Dani, guru IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial),
            Bel berbunyi pada pukul 12.15 WIB, saatnya sholat berjamaah di masjid. Hari itu sebelum sholat, saya makan dulu di kantor.
            Bel berbunyi pukul 12.45 WIB, saatnya masuk kelas. Saya melanjutkan mendampingi anak-anak mengerjakan tugas dari Ibu Dani.
            Bel berbunyi pukul 13.30 WIB, saatnya pulang. Saya memimpin do’a dan mengumpulkan tugas. Ternyata banyak anak-anak yang tidak mengumpulkan tugas kira-kira 9 anak. Tapi saya memaksa mereka untuk mengumpulkan walau belum selesai.
Selasa, 2 Oktober 2012
            Hari ini saya tiba di sekolah pukul 06.55 WIB, Pukul 07.00 WIB bel berbunyi kemudian saya menuju kelas VIII A untuk mendampingi tadzarus. Tadzarus selesai pukul 07.15 WIB. Pukul 07.15 WIB, saya menuju kantor untuk piket disana, saya megerjakan beberapa tugas, misalnya: membunyikan bel, mengisi buku piket, mengisi kelas untuk menyampaikan tugas dari Bapak/ Ibu guru yang ijin.
            Pukul 07.50 WIB, bel berbunyi untuk pergantian jam pelajaran. Saya menuju kelas VIII B untuk menunggu anak-anak yang mengerjakan tugas dari ibu guru. Saya mengawali dengan salam. Kemudian anak-anak melanjutkan mengerjakan. Di kelas suasana sangat ramai, tapi saya mencoba menenangkan mereka. Bel berbunyi kemudian saya menyuruh ketua kelas untuk mengumpulkan tugas ke kantor. Kemudian saya menutup dengan salam.
Bel berbunyi kemudian saya kembali ke kantor sebentar, lalu menuju kelas VIII D untuk menyampaikan tugas IPS dari Ibu Dani sampai pukul 10.05 WIB saya menunggu mereka mengerjakan, tapi walaupun ditunggu, mereka tetap saja melakukan kegaduhan. Tapi saya mencoba menenangkan mereka. Saya menunggu mereka sampai bel berbunyi kemudian saya menuju kelas VIII C untuk menyampaikan tugas yang sama sampai pukul 11.25 WIB.
Pukul 11.25 WIB, saya menuju kantor untuk piket disana. Pukul 12.05, saatnya untuk sholat berjamaah di masjid. saya dan siswa-siswa menuju masjid dengan jalan kaki. Menempuh perjalanan kira-kira 5 menit. Sesampainya di masjid kami langsung menuju tempat wudhu lalu melakukan sholat berjamaah.
Usai melaksanakan sembahyang, kami kembali ke sekolah. Pada pukul 12.35 WIB, bel masuk berbunyi. Saya piket di kantor bersama teman-teman PPL lain. Waktunya pulang pukul 13.15 WIB, saya membunyikan bel.
Kami menuju lokal selatan untuk ngajar BTA/Tahsin. Kami menanti pukul 13.30 WIB. Saatnya tiba untuk ngajar kelas VII J. saya beserta teman juga ibu guru ngajar di kelas tersebut dengan hati senang.  Pada pukul 14.30 WIB, saatnya pulang. Kami saling bersalaman.
Rabu, 3 Oktober 2012
            Saya tiba di sekolah pada pukul 05.55 WIB, saya masuk kantor untuk piket disana. Pada pukul 07.00 WIB bel masuk, kemudian saya menuju kelas VIII E, kita tadzarus sampai pukul 07.15 WIB. Setelah saya tadzarus, saya menuju kantor untuk piket disana. Di kantor saya membunyikan bel istirahat dan bel masuk juga bel pulang. Di sela-sela piket di kantor saya menengok kelas VIII E yang kosong dan diberi tugas oleh Ibu Elna, guru fisika, beliau tidak hadir karena habis menikah, kurang lebih satu minggu beliau ijin. Saya mendampingi di kelas VIII E karena anak-anak biar tidak membuat gaduh dan mereka bisa menyelesaikan tugasnya. Disela-sela piket kantor dan mendampingi kelas, pada pukul 07.40 WIB, saya juga piket di UKS, disana ada siswa yang habis kecelakaan pada waktu berangkat sekolah. Dia menderita luka kecil di siku-siku dan harus diperban, selain itu juga memberinya makanan dan minuman.
            Pada pukul 07.50 WIB, saya kembali ke kantor dan koordinasi dengan teman-teman PPL. Pada jam ke-3 yaitu pukul 08.30 WIB, saya mendampingi di kelas VIII A karena bapak guru barhalangan hadir. Anak-anak diberi tugas untuk mencatat. Saya mengawali dengan salam. Kemudian saya juga sedikit mengobrol dengan beberapa siswa. Supaya tidak gaduh, saya membuat aturan bagi yang ingin ngomong supaya ijin dahulu dan ngomong di depan kelas. Bel istirahat berbunyi pada pukul 09.10 WIB. Saya mengakhiri dengan salam.
            Waktu istirahat, saya mengabsen kelas sampai pukul 09.25 WIB. Saya mengabsen kelas VIII A - VIII F. Hari itu sebagian kelas nihil. Setelah saya berkeliling mengabsen. Kemudian saya kembali ke kantor dan menuliskan di buku absen.
            Pada jam ke-5 dan 6 saya menyampaikan tugas di kelas VIII F yaitu pelajaran fisika. Suasana di kelas lumayan gaduh karena mereka berdiskusi dan sangat aktif tapi ada beberapa siswa yang tidak berdiskusi dan hanya mencontek dari teman mereka. Saya sudah memperingatkannya.
            Bel berbunyi, saya menuju kelas VIII C untuk menyampaikan tugas. Saya mendampingi di kelas tersebut selama satu jam pelajaran. Bel istirahat kedua berbunyi. saya menutup kegiatan dengan salam. Kemudian kami melakukan sembahyang dhuhur. Suasana khusyu’ waktu melaksanakan sholat di masjid membuat hati tenang.
            Usai kegiatan tersebut, kami kembali menuju sekoah untuk melanjutkan aktivitas kami. Saya melanjutkan untuk mendampingi di kelas VIII C, karena guru sedang berhalangan hadir. Bel berbunyi, ketua kelas menyiapkan dan berdo’a. kemudian saya mengakhiri dengan salam dan kami saling berjabat tangan.
Kamis, 4 Okt 2012
Hari ini saya tiba di sekolah pukul 06.55 WIB, saya menuju kelas VIII A untuk mendampingi tadzarus, suasana tadzarus di kelas tersebut agak gaduh karena di kelas tersebut banyak siswa yang kurang memperhatikan juzz ‘amma-nya, mereka pada ngobrol terutama siswa laki-laki, tetapi ada juga siswa perempuan pada berdandan dan ngobrol. Tadzarus membaca 2 surat. Suasana tadzarus kurang khusyu’ karena beberapa siswa membuat gaduh. Tadzarus berlangsung selama 15 menit. Setelah selesai mendampingi tadzarus di kelas tersebut, saya menuju kantor sampai pukul 09.30 WIB. Di kantor, saya melakukan beberapa tugas. Saya piket disana.
Pada pukul 09.30 WIB, saya menyampaikan tugas di kelas VIII E karena guru berhalangan hadir. Suasana dikelas lumayan nyaman, kami saling ngobrol tetapi mereka sambil mengerjakan tugas. Bel berbunyi pada pukul 10.05, saya menuju kelas VIII D untuk mengajar di kelas tersebut sampai pukul 11.25 WIB. Saya ngajar di kelas tersebut selama satu jam pelajaran. Bel berbunyi kemudian saya kembali ke kantor untuk piket disana.
Pukul 12.05 WIB, bel istirahat ke 2, kami melakukan sembahyang dhuhur. Kami menuju masjid dengan berjalan kaki kira-kira 10 menit. Sesampainya di masjid, saya menuju tempat wudhu lalu melakukan sholat. Suasana ibadah sangat khhusyu’ dan tenang. Usai sembahyang, kami kembali ke sekolah, sampai di sekolah pukul 12.35 WIB. Bel masuk berbunyi.
Bel tanda masuk berbunyi, saya piket di kantor sampai waktu pulang. Pada pukul 13.15 WIB, saya membunyikan bel pulang. Hari ini ada jadwal BTA/Tahsin, kami bergegas menuju lokal selatan untuk ngajar disana. Sesampainya disana, kami menunggu bel masuk, yaitu pukul 14.30 WIB. Kemudian waktunya ngajar kelas VII J, saya mengawali dan mengakhiri kegiatan dengan salam.
Jum’at, 5 Okt 2012
            Hari ini saya tidak masuk karena sakit.
Sabtu, 6 Okt 2012
            Hari ini saya tiba di sekolah pada pukul 06.55 WIB. Beberapa menit kemudian bel masuk berbunyi kemudian saya menuju VIII E untuk mendampingi tadzarus. Para siswa tadzarus dengan khusyu’, hanya beberapa siswa yang kurang memperhatikan bacaannya. Tadzarus pagi membaca 2 surat yang sudah terjadwal. Tadzarus dilaksanakan selama 15 menit.
            Usai tadzarus, saya menuju kantor untuk piket. Disana saya mengerjakan beberapa tugas bersama teman-teman PPL lain. Hari ini adalah hari penarikan mahasiswa PPL di MTs Negeri Bekonang. Kami berpamitan dengan Bapak/Ibu Guru juga para siswa. Kami terharu karena kami harus berpisah. Setelah berpamitan, kami menuju lokal selatan untuk mempersiapkan acara. Acara berlangsung dengan lancar. 


2 comments: